Skip to main content

Pertama Kali Mendaki (Pt.2)

Yoossh, sekarang gue mo cerita pengalaman gue menjejakkan kaki di Gunung Gede Pangrango. Yang pengen baca pengalaman gue selama persiapan, kesini dulu, yah >> part 1

Cihuy!!!

Inilah saat yang ditunggu-tunggu.
Gue nervous plus panik plus nggak sabar juga.
Temen gue si Y tetiba nggak bisa ikut gara-gara nggak dibolehin sama emaknya :(
Tapi emang, sih, waktu itu lagi musim hujan jadi khawatir juga takut kenapa-napa.

Sebelum gue lanjut bercerita, patut diingatkan kembali posisi gue saat itu benar-benar sebagai anak ingusan yang punya nol pengalaman soal mendaki, dan begonya gue minim bertanya padahal kan malu bertanya sesat di jalan.
Berakhirlah gue gara-gara nggak tahu sepatu apa yang nyaman dipakai untuk mendaki, gue pake sepatu jenggel tentara punya emak gue. (yang nggak tahu bentuknya gimana silakan tanya mbah gugel)
Gue percaya diri aja tuh pake sepatu itu karena ntu sepatu tebal dan dulu sering dipake buat menerjang berbagai medan berbahaya pas emak gue sekolah tentara dulu.
Gue nggak mengira sepatu itu akan membawa bala nanti.

Cuss, malam itu berangkatlah kami naik tronton ke Gunung Gede Panrango, gunung tertinggi kedua di Jawa Barat.
Lo bayangin aja dah tuh tronton isinya kurang lebih 20 orang dengan tas-tas carrier yang ditumpuk menjadi satu. Syedup.
Karena satu dan lain hal, perjalanan kami dilanjutkan dengan naik angkot.
Malam itu dingin banget, bikin gue ngantuk. Tapi sial si abang angkot malah nyetel lagu dangdut. Volume-nya pol lagi. Senyum aja gue mah. Untung jempol nggak ikut goyang.

Singkat cerita, sampailah kami di pintu masuk jalur Gunung Putri.
Buat yang belum tahu, di Gunung Gede ada 3 jalur yang bisa kita lewati, yakni jalur Cibodas (yang paling gampang tapi lama nyampenya), jalur Gunung Putri (medium), dan jalur Selabintana (yang paling ekstrim).
Kalau nggak salah waktu itu kami sampe sana jam 1 pagi.
Mulailah tuh gue gendong tas carrier dan gue jalan. Kami jalan satu-satu sambil baris gitu.
Awal-awalnya mah biasa aja tuh. Emang berat, sih, tapi masih bisa gue tahan-tahan.
Lama-lama, jalannya mulai menanjak dan berbatu-batu. Samping kanan-kiri sawah dan itu gelap pake banget. PADAHAL ITU MASIH 'PINTU MASUK'NYA.
Gue udah ngos-ngosan mau mampus. Sumpah mampus banget.
Jadi begitu rasanya gendong tas carrier sambil hiking.
Selama ini gue salah mengira. Gue kira enteng-enteng aja, ternyata... bikin encok.

Kami pun sampe di suatu lahan yang luas dan panitia nyuruh kita nge-camp. Perjalanan bakal dilanjutkan lagi pagi jam 7.
Mulailah tuh kelompok gue, YANG NOTABENE ISINYA CUMA 3 ORANG TERMASUK GUE, berberes. Kita nyari spot dan nyusun tenda. Repotnya nggak ketulungan. Mana disuruh cepat-cepat. Untung mentor kami sangat baik. Doi bantu kita masang tenda di tengah-tengah kegelapan itu.
Pagi-pagi jam 5, kami bangun dan siap-siap bikin sarapan.
Kami masak nasi pake kompor dan nesting. Baru pertama kali gue nyentuh begituan.
Alhasil, kami makan nasi aking. Tidak lupa dengan lauk seadanya yakni telor ceplok. Yang penting perut keisi wkwkwk.

Waktu sudah menunjukkan pukul 7 dan kami pun berberes lagi.
Disuruh baris per kelompok dan mulai jalan sesuai urutan yang ditentukan.
Inilah bagian cerita yang ditunggu-tunggu...

Perlu diingatkan lagi, posisi gue saat itu benar-benar sebagai anak ingusan yang punya nol pengalaman soal mendaki, dan gue sama sekali nggak ada bayangan medan macam apa yang bakal gue hadapi.
Ternyata, lagi-lagi jauh dari bayangan gue.
Medannya bikin gue nggak bisa berkata-kata.
ini penampakan medannya

Awalnya, gue positive thinking dan gue coba sekuat gue melewati medan yang cukup dahsyat itu.
Tapi akhirnya gue kalah.
Gue tertinggal. Teman-teman sekelompok perlahan ninggalin gue.
Kelompok-kelompok lain yang tadinya di belakang kelompok gue, mulai ngebalap gue.
Gue banyak berhenti karena capek. Gue pengen duduk. Gue pengen minum. Gue pengen ngelepas beban berkedok tas carrier itu. Gue banyak pengennya.
Sampe akhirnya gue tertinggal di paling belakang.

Gara-gara gue banyak berhenti, senior-senior dan mentor dan dispilin yang emang mantau dari belakang mulai 'nyemangatin' gue.
Mereka kasih kata-kata semangat, mereka coba ngajak obrol gue, mereka coba bercanda.
Mereka tuh bilang, "Jangan banyak berhenti. Push terus. Semakin banyak berhenti, tubuh kamu malah jadi dingin. Semakin banyak berhenti, kamu bakal lama sampe tujuan (Surya Kencana)."
Tapi gue yang udah capek banget nggak ngegubris kata-kata mereka. Ucapan mereka masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Jalan gue makin melambat, dan gue sering nyuri kesempatan buat berhenti.
Saking ngeyelnya gue, mereka sampe gedek ngeladenin gue.
"Lo maunya apa, sih?"
"Lo mau balik lagi? Mau turun?" Gue geleng kepala.
"Perlu gue dorong, hah!?"
"Jangan berhenti mulu!"
"Angkat kakinya!"

Gue selalu sampe paling terakhir pas lagi break, jadi istirahat gue paling sebentar.
Gue mulai nyalahin sepatu jenggel gue yang beratnya na'udzubillah dan nyatanya sangat nggak nyaman buat dipake hiking. Gue mulai nyalahin posisi carrier gue yang rada ngaco gara-gara gue salah packing. Gue nyalahin banyak hal.
Senior pada heran dan capek kali ya sama gue.
Bahkan mereka sampe nawarin diri buat bawa salah satu botol air Aqua 1,5 L gue, padahal mereka juga gendong beban mereka sendiri.
Rasanya gue pengen minta maaf sama mereka karena gue ngehambat mereka.
Pas gue minta maaf, ketawa mereka. "Yekali kita ninggalin lo," gitu.
Dan salah satu dari mereka beneran bawain botol air Aqua gue.
Mereka baik banget....

Selama perjalanan, terkadang pas ketemu sama sesama pendaki, mereka ngasih semangat ke gue...
Gue selalu tanya ke mereka dan ke panitia, "masih jauh nggak?" dan mereka selalu bilang "bentar lagi" padahal aslinya masih jauh wakakak.
Dan kalian harus tahu, di tengah-tengah perjalanan ada bapak-bapak hiking, bareng anak-anaknya yang masih pada bocah. Bener-bener bocah umur kira-kira 8-10 tahun. Dan mereka terlihat sangat bersemangat dan bahagia.
Panitia dan teman-teman gue juga, ada yang dari luar kelihatan lemah lembut, tapi tenaganya luar biasa gilak alig ku terkagum-kagum.
Gue merasa sangat payah.

Tapi, kalian tahu nggak???
Gue termasuk yang pertama kali sampe Surya Kencana, lho!!! Hahahaha!!!!
Percaya nggak?
Jadi, setelah break terakhir. Kelompok gue diminta jalan duluan.
Saat itu gue bertekad harus secepatnya nyampe. Lebih cepat nyampe, lebih baik.
Gue push dah tuh sampe mampus.
Hingga akhirnya gue sampe di Surya Kencana.
LEGAAAA RASANYAAA!!! HUAHAHAHAHA!!!
Eits, tapi ternyata, kami musti menempuh jarak lagi yang lumayan untuk sampe ke lokasi camping  wkwkwkwkkk.
Yak, push terus!!!!

Total jam lamanya gue hiking Gunung Gede = +- 7-8 jam

...to be continued to part 3.

Comments

Popular posts from this blog

Oral Test LIA

I'm back again! Huff... Akhirnya gue udah boleh tenang dan santai, karena... gue udah ngejalanin semua tes kenaikan level LIA!! Yuhuuuuuu~ Hari ini gue oral test. Lebih tepatnya make-up oral test. Kayak semacem tes susulan gitu soalnya waktu oral test hari Kamis kemaren gue nggak bisa ikut karena hujan. Seperti final test, ada 2 HAL PENTING yang harus dibawa, yaitu KUITANSI PEMBAYARAN dan KARTU PELAJAR. Tapi, kalo make-up test, harus bawa 1 hal lagi, yaitu KERTAS PEMBAYARAN MAKE-UP ORAL TEST.  *kertas pembayaran make-up oral test

Suikoden 3

Hello, bubblers! Pada hari ini gue pengen membahas salah satu game PlayStation 2 favorit gue. Suikoden 3! Klasifikasi: Pengembang : Konami Penerbit : Konami Sistem operasi : Playstation 2 Tanggal liris : -Jepang : 11 Juli 2002 -Amerika Utara : 11 Oktober 2002 Kategori permainan : role-playing game (RPG) Mode permainan : single player Batas umur pemain : ESRB T (Teen) Media : 1 DVD-ROM Alat permainan : Stik PS