Skip to main content

Suikoden 3

Hello, bubblers!

Pada hari ini gue pengen membahas salah satu game PlayStation 2 favorit gue. Suikoden 3!


Klasifikasi:
Pengembang : Konami
Penerbit : Konami
Sistem operasi : Playstation 2
Tanggal liris : -Jepang : 11 Juli 2002
-Amerika Utara : 11 Oktober 2002
Kategori permainan : role-playing game (RPG)
Mode permainan : single player
Batas umur pemain : ESRB T (Teen)
Media : 1 DVD-ROM
Alat permainan : Stik PS


Ceritanya...
          Suikoden III menceritakan tentang sekelompok orang kuat yang berusaha untuk merebut 5 True Rune yang berunsur alam. Dan dalam menjalankan rencananya itu, kelompok tersebut berhasil mengendalikan Harmonia, salah satu negara adikuasa, untuk berperang dengan negara Federasi Zexen dan negara rimba Grassland, akibatnya ketiga negara itu saling bermusuhan. Dengan adanya peperangan ini, semua true rune akan semakin mudah dideteksi keberadaannya dan kemudian dapat direbut satu per satu. Luc, pemimpin kelompok tersebut, telah memiliki True Wind Rune. Dia dibantu oleh Sarah, dan Yuber yang dikatakan bukan manusia asli. Luc dengan dibantu oleh Albert Silverberg berhasil menguasai sebagian besar pasukan Harmonia untuk dikendalikan. Ketua Bishop dari Harmonia yaitu Sasarai, dikatakan mempunyai hubungan khusus dengan Luc, mereka dilahirkan berasal dari sumber yang sama dan tidak melalui proses yang sama seperti manusia pada umumnya. Dikatakan mereka itu diciptakan dan bukan dilahirkan, dan mereka diciptakan oleh Hikuusak, salah satu pendiri negara suci Harmonia yang melegenda dan tidak diketahui jejaknya lagi.

Beberapa karakter utama dalam game:


1. Luc
Pemimpin kelompok 'Pencari Five True Runes'
Dia memiliki satu true rune, yaitu True Wind Rune.
Selalu memakai topeng untuk merahasiakan wajahgantengnya.


2. Yuber
Pake baju dan topi warna item. Rambutnya panjang kayak Rapunzel. Dalam kelompok ini, dia yang paling harus diwaspadai. Seranganya sangat luar biasa. Sekali tebas langsung 'say goodbye to the world'
Oiya, matanya belang lo. Satu warna biru, satu warna merah.
Gue peringatin, dia BUKAN manusia...

3. Sarah
Baaah, dibalik wajahnya yang sumringah ini, diam-diam dia sangat kuaaaaaaaaaat sekaleeeee! Serangan magic-nya HARUS diwaspadai. Dia punya flowing dan pale gate rune. Lo bakalan kerepotan banget ngelawan dia. Ngomong-ngomong, dia jatuh cinta sama Luc lhoo~ Uhuuuyy ^^

4. Albert Silverberg
Penasehat dan ahli strategi kelompok ini. Pinter dan kalem.
Dia merupakan saudara kandung (kakak) dari Caesar Silverberg. Diceritakan bahwa keluarga Silverberg merupakan keluarga yang keturunannya menghasilkan ahli strategi yang tiada duanya.


5. Sasarai
Bishop di Holy Harmonia. Dia dan Luc bersaudara. Dia memiliki True Earth Rune. Pada awalnya Sasarai merupakan musuh yang harus dihadapi oleh hero kita. Tapi, pada akhirnya dia menjadi kawan yang akan membantu kita melawan kelompok musuh! Yeaaah! ^^

          Luc memiliki suatu pengetahuan khusus dalam merebut setiap true rune alami, dengan cara menggunakan 2 true rune tertentu untuk merebut lainnya, dikatakan cara ini didapat Luc dari klan Sindar, suatu klan legendaris yang menghilang. Tujuan Luc untuk mengumpulkan semua 5 true rune alami adalah untuk mengubah takdir karena dia merasa dunia ini terlalu dikendalikan oleh True Rune dan dunia dianggap sebagai penjara bagi manusia karena berada dibawah True Rune, jadi 5 true rune itu dikumpulkan dan kemudian dengan melalui ritual tertentu akan dihancurkan, biarpun kehancurkan ke-5 true rune ini dikatakan akan membuat rata sebagian dunia karena kekuatannya, sebagai contoh salah satu true rune yaitu True Fire Rune, sewaktu lepas kendali kekuatannya mampu membunuh puluhan ribu orang harmonia dan grassland yang berada disana dan meratakan seperempat daerah Grassland, yang akhirnya mengakibatkan gencatan senjata antara Grassland dan Harmonia yang saat itu sedang terlibat perang. Luc juga mendapat berbagai informasi tentang true rune melalui perpustakaan paling lengkap yang berada di daerah Crystal Valley, Harmonia.


6. The Flame Champion (lo tentuin sendiri namanya)
Pahlawan sejati Grasssland. Dialah yang telah membantu para klan di Grassland dalam perang melawan Harmonia 50 tahun yang lalu. Kemudian, dia pun jatuh cinta pada seorang wanita dari Klan Chisha, Sana. Karena kecintaannya pada Sana, dia rela melepas True Fire Rune miliknya dan memilih menjadi manusia biasa. Dia menikahi Sana dan menjalani hari-hari dengan damai hingga kematian menjemputnya.

FAQ: True Runes bisa membuat pemiliknya hidup abadi OuO

          Pada awalnya Suikoden III terbagi menjadi 3 bagian cerita, masing-masing bagian menceritakan tentang seorang pemeran utama dari masing-masing 3 negara tersebut; Hugo dari Grassland, Chris Lightfellow yang seorang prajurit perang wanita dari Zexen, dan Geddoe anggota salah satu pasukan pertahanan selatan dari Harmonia, pada akhirnya mereka bertiga bergabung dengan Thomas karena dia bisa menjadi penengah ketiganya dan daerah yang dikuasainya juga merupakan daerah netral. Selain 6 klan dari Grassland (klan bebek, reptil, chisha, karaya, Alma Kinan, dll), negara Zexen, dan kelompok-kelompok dari Harmonia bergabung, ikut bergabung juga Le Buque yang sebelumnya dijajah oleh Harmonia, utusan negara Tinto, dan pasukan bebas Kamaro dari daerah utara Grassland untuk melawan pasukan kelompok Luc yang telah mengendalikan sebagian besar pasukan Harmonia. Kelompok Luc ini pada akhirnya berhasil dikalahkan dan Luc, Sarah meninggal dunia, tetapi Yuber menghilang.

HEROES:

 



1. Geddoe Bergabung dalam Harmonian Southern Frontier Defense Force. Pemimpin unit 12. Anak-anak buahnya antara lain ada Joker, Queen, Ace, dan Jacques. Dulu, dia bertarung bersama The Flame Champion dalam membela Grassland. Dia merupakan anggota kelompok Fire Bringer. Kelompok yang membantu The Flame Champion.
Dia memiliki True Lightning Rune hingga saat ini...


2. Hugo
Anak remaja yang tangguh dan berdaya juang tinggi. Sebenernya dia anak yang biasa-biasa aja, hidupnya tentram, aman, damai, di Karaya Village, bersama emaknya (pemimpin Karaya), sahabatnya, Lulu, Sgt. Joe, dan Fubar, dan seluruh tetangganya.
Sampai suatu saat, Chris menyerang Lulu...
Saat itu pun, hidupnya berubah 360 derajat fahrenheit (?)
Dia menghadapi permasalahan-permasalahan yang rumit bagi anak seusianya. Tentunya, dia dibantu oleh mentor dan penasehat, sekaligus sahabat baiknya, Sgt. Joe, dan seluruh teman-teman yang ditemuinya saat menempuh perjalanan dalam berjuang mempertahankan Grassland.

3. Chris Lightfellow
Pemimpin Zexen Knights. Tangguh, pemberani, dan cantik. Banyak orang mengagumi kekuatannya. Dan kecantikannya...
Tapi, dia nggak suka diidolain.
Dalam perjalanan mencari kebenaran jati dirinya, dia menemui hal-hal yang belum-atau bahkan TIDAK pernah ia bayangkan sebelumnya.
Chris ini karakter favorit gue lhooo ^^

Dari ketiga tokoh utama ini, kalian akan memilih salah satu dari mereka untuk menjadi Flame Champion selanjutnya. Sebenernya niih... sebenernya, Flame Champion yang tepat adalah Hugo. Tapi, kalian bisa memilih Geddoe atau Chris kok. Kalo lo milih Geddoe, otomatis Geddoe mendapatkan True Fire Rune, namun True Lightning Rune-nya berpindah ke tangan Hugo. Begitu pula dengan Chris. Kalo lo milih Chris, True Water Rune akan berpindah tangan ke Hugo.

So, it's your decision to choose The new Flame Champion!

Oiya, dalam game ini lo harus merekrut 108 orang. Orang-orang tersebut dapat dibedakan dari pakaian dan dialognya. Biasanya, di kotak dialog 108 orang ini, akan terpampang wajah mereka. Cara merekrutnya gampang kok! Tinggal ajak dan penuhin syarat yang mereka ajukan. ;)







*World Map*

*Zexens vs Karayans*

*versus monsters*

*battle war*

*battle mode: one on one*

*Hugo having a walk in Karaya Village*

Yap! So that's info about Suikoden 3. Semoga bermanfaat :D
I'm sorry kalo ada informasi yang salah, atau ketuker-tuker...
Thanks!
Any question?

Comments

  1. ada waltrought bahasa indonya gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, kalo yang bahasa indo kayaknya belom ada :T Adanya yang bahasa inggris > http://www.gamefaqs.com/ps2/536777-suikoden-iii
      Nanti coba ditranslate aja pake google translate ^^

      Delete
  2. nyesel aku gak pernah main ps dulu...
    barusan tamat suikoden satu yang heronya mc Dohl..
    ini juga baru cari suikoden 2 dan ketemu...
    baru tengah cerita baca artikel anda jadi pengen sedot yang ke 3 juga...
    suikoden ampe berapa sii?
    hehehehe...
    By The Way nice posting...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, suikoden lover juga kah? ^^
      Sekarang, Suikoden (yang main seriesnya) udah sampe yang ke-5

      Selain yang main series (yang di luar suikoden main series universe) ada Suikoden Tierkreis (buat NDS) sama Suikoden Tsumugareshi Hyakunen no Toki (buat PSP, tapi blm ada yg english version kayaknya)

      Terima kasiih >u<

      Delete
  3. Mantaf gan,..saya juga penggemar suikoden,..yang satu dan kedua udah tamat,.sekarang lagi main yang ketiga,.. yang modnwload kesisini: http://gratisgame99.blogspot.com/2014/04/download-game-pc-suikoden-iii-ps2-iso.html

    ReplyDelete
  4. keren bner....tapi boleh nanya gan cara ngalahin council yg kita lg war chpt2 thomas susah bner mas..dan bisa gk kita merekrut orng dan masukin ke formasi dan dimana jalan untuk menuju caleria di chptr thomas gan...

    ReplyDelete
  5. Kalo untuk war, kita emang harus pinter-pinter masang strategi. Sebelum war, semua karakter harus di customize (level up, dikasih armor dan senjatanya di forge) supaya menang. Untuk chapter Thomas, emang nggak bisa ke Caleria karena ceritanya hanya fokus ke sekitar Kastil Budehuc saja ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Don't hestitate to give a comment! I'll really apreciate it ^^

Popular posts from this blog

Oral Test LIA

I'm back again! Huff... Akhirnya gue udah boleh tenang dan santai, karena... gue udah ngejalanin semua tes kenaikan level LIA!! Yuhuuuuuu~ Hari ini gue oral test. Lebih tepatnya make-up oral test. Kayak semacem tes susulan gitu soalnya waktu oral test hari Kamis kemaren gue nggak bisa ikut karena hujan. Seperti final test, ada 2 HAL PENTING yang harus dibawa, yaitu KUITANSI PEMBAYARAN dan KARTU PELAJAR. Tapi, kalo make-up test, harus bawa 1 hal lagi, yaitu KERTAS PEMBAYARAN MAKE-UP ORAL TEST.  *kertas pembayaran make-up oral test