Skip to main content

Let's talk about Vocaloid!

Hello! Ides balik lagi niih!
Hari ini gue pengen bahas soal "Vocaloid". Yup, salah seorang (?) favorit gue!

Jadi, Vocaloid itu adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android".
               Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.
               Vocaloid nggak cuman ada dari Jepang. Korea juga punya vocaloid lhoo... namanya SeeU.


Itulah vocaloid! YEAAAAH! Gue sih lebih 'deket' sama vocaloid dua. Personelnya antara lain:

VOCALOID 2:

1. Hatsune Miku 
Vocaloid dengan suara cute, berambut biru (turqoise) dan dikuncir dua. Rambutnya panjang gilee ('_') Kalo nyanyi pake nada tingii >< Si Miku ini eksis dan fansnya banyaaaaak beud.
Umur: 16 tahun
Sampling: Saki Fujita
Dirilis pada: 31 Agustus 2007
Lagunya (antara lain): World is mine, Can't i even dream?, ievan pollka, Electric angel,dll.










2. Kagamine Rin
Vocaloid dengan suara kekanak-kanakan. Rambutnya warna kuning, dijepit, dan pake bando berpita warna putih. Lucuu ^^ Tapi, pada beberapa lagu, gue suka sebel sama dia... -___-" (untuk para fans Rin, i'm sorry)
Umur: 14 tahun
Sampling: Asami Shimoda
Dirilis pada: 27 Desember 2007
Lagunya (antara lain): Daughter of evil, Regret message, Meltdown, The riddle solver who won't solve riddles, dll.










3. Kagamine Len
Here it is! Kagamine Len! My favorite chara of Vocaloid. Isn't he cute? Dia cakep kan? cakep kan? cakep kan? Hoahahahahahahahahaha *ketawa licik dengan senyum menggila (eh?) Rambutnya warna kuning dan dikuncir. Suaranya itu lhoo... Beuuh >w<. Gue gak ngerti dia ini kembaran Rin atau bukan (soalnya mirip) Di beberapa lagu, mereka bersaudara. Ada juga lagu dimana mereka saling suka atau pacaran... Gue binguuung.  Tapi, gue lebih dukung mereka sebagai kembaran (yang mendukung mereka sebagai pasangan, i'm sorry). Well, kalo mereka bukan kembaran dan bukan orang yang mempunyai hubungan cinta/suka (bahasa gue euuy), mereka adalah AKTOR YANG LUAR BIASA! Yeah! Go for it, Len! ^^

Umur: 14 tahun
Sampling: Asami Shimoda
Dirilis pada: 27 Desember 2007
Lagunya (antara lain): Servant of evil, Prisoner, Out of eden, The riddle solver who can't solve riddles dll.







# Duet antara Kagamine Rin dan Len (SPECIAL!)
 Rin dan Len juga sering duet lhoo... Malahan jadi bagus banget lagunya kalo mereka duet.
Lagunya (antara lain): Karakuri burst, Paradise of light and shadow, Trick and treat, Unhappy refrain, Gemini, Secret black vow, Like dislike, Remote control, Gekokujo, dan masiiiih banyak lagi.

MUST LISTEN TO ALL SONG! Yeaaaaaaah! *hasutan gak mutu








VOCALOID 1:

 3. Sakine Meiko
Gue gak bisa nulis di samping gambarnya Meiko (gak tau dah kenapa), jadinya gue tulis di bawah gambar ini. No problem kan? Rambutnya warna cokelat kemerahan dan pendek. Pake sejenis jaket dan rok pendek warna merah. Gue... ke Meiko... gak ada apa-apa. Nggak nge-fans, juga nggak benci... Pokokne biase ajeeeee. Ngomong-ngomong, kayaknya dia cocok jadi emaknya anak-anak vocaloid :P 
Sebenar-benarnya, Meiko ini Vocaloid 1 lhoo... Tapi, dia seringnya nyanyi bareng anak-anak vocaloid 2
Umurnya: don't know! Mungkin 16 tahun
Perusahaan: Crypon Future Media
Dirilis pada: 5 November 2004
Lagunya (antara lain): Alice Human Sacrifice (ft. Kaito, Miku, Rin dan Len), Alice in Musicland (ft. Miku, Len, Kaito, Rin, Luka)


5.Shion Kaito
Aish... gak bisa nulis di sebelah gambar Kaito juga 
*kesal 
*minum baygon 
*glek
*boong deh ;3
Kaito dengan rambut warna birunya. Suka make baju lengan panjang dan celana panjang dengan syal birunya yang juga panjang. Dia suka banget makan es krim dan kalo lo pernah nonton video 'Shugo Chara ft. Vocaloid' pasti tahu hobinya ngapain. Tapi, gue nggak terlalu suka sama suaranya. Suaranya berat cuy. (kayak suara om-om hentai. *glek* *om hentai kan nabila*). But, tampangnya lumayan lah... >< Dia sih cocoknya sama Miku, tapi ada juga yang bilang pasangannya Meiko.
Sebener-benernya, Kaito ini juga Vocaloid 1 lhoo... Tapi, dia seringnya nyanyi bareng anak-anak Vocaloid 2
Umurnya: Don't know. 20?
Perusahaan: Crypton Future Media
Dirilis pada: 17 Februari 2006
Lagunya (antara lain): Cantarella, Crazy Clown (ft. Miku), Cendrilion (ft. Miku), dll.

Yuup, segitu dulu ya, all. Sebenernya masih pengen bahas personel vocaloid yang laen, tapi tangan udah pada pegel ngetik nih. Akan kita lanjutkan di part dua yaaak? #Yaaaaa!
Siip! ^^
Gue mohon maap bila ada informasi yang salah atau ketuker-tuker. Saya hanyalah manusia biasa yang dapat berbuat kesalahan (bahasanya langsung jadi sopan euy)
Arigatou!><

Comments

Popular posts from this blog

Oral Test LIA

I'm back again! Huff... Akhirnya gue udah boleh tenang dan santai, karena... gue udah ngejalanin semua tes kenaikan level LIA!! Yuhuuuuuu~ Hari ini gue oral test. Lebih tepatnya make-up oral test. Kayak semacem tes susulan gitu soalnya waktu oral test hari Kamis kemaren gue nggak bisa ikut karena hujan. Seperti final test, ada 2 HAL PENTING yang harus dibawa, yaitu KUITANSI PEMBAYARAN dan KARTU PELAJAR. Tapi, kalo make-up test, harus bawa 1 hal lagi, yaitu KERTAS PEMBAYARAN MAKE-UP ORAL TEST.  *kertas pembayaran make-up oral test

Suikoden 3

Hello, bubblers! Pada hari ini gue pengen membahas salah satu game PlayStation 2 favorit gue. Suikoden 3! Klasifikasi: Pengembang : Konami Penerbit : Konami Sistem operasi : Playstation 2 Tanggal liris : -Jepang : 11 Juli 2002 -Amerika Utara : 11 Oktober 2002 Kategori permainan : role-playing game (RPG) Mode permainan : single player Batas umur pemain : ESRB T (Teen) Media : 1 DVD-ROM Alat permainan : Stik PS